Selasa, 04 April 2017

LAPORAN KEGIATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN



A.    LATAR BELAKANG
Pemberdayaan masyarakat adalah hal yang sangat lumrah dibicarakan untuk kemajuan dan perubahan bangsa saat ini kedepan, apalagi jika dilihat dari skill masyarakat indonesia kurang baik sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi itu sendiri, konsep pemberdayaan masyarakat mencakup pengertian pembangunan masyarakat dan pembangunan yang bertumpu pada masyarakat.
perlu dipahami arti dan makna pemberdayaan dan pembangunan masyarakat, keberdayaan dalam konteks masyarakat adalah kemampuan individu yang bersenyawa dalam masyarakat dan membangun keberdayaan masyarakat yang bersangkutan. Suatu masyarakat yang sebagian besar meliki kesehatan fisik dan mental, serta didik dan kuat inovatif, tentunyan memiliki keberdayaan yang tinggi, sedangkan pembangunan masyarakat adalah suatu hal yang perlu di minit untuk kemampuan masyarakat itu sendiri.
Pengembangan Masyarakat seharusnya berfokus pada usaha pemberdayaan masyarakat pada suatu komunitas sehingga mereka memiliki kemampuan dan kesetaraan dengan stakeholder lain.  Pemberdaayaan masyarakat bisa diartikan menjadikan masyarakat sebagai subjek pembangunan yang selaras dengan konsep people centered development. Pemberdayaan ini bisa terjadi pada tingkatan individu, keluarga, kelompok social maupun komunitas. Tanpa adanya pemberdayaan, masyarakat kelas bawah atau kelompok yang lemah akan terus tersisihkan dan tertindas tanpa tahu kapan dan bagaimana mereka bisa keluar dari kondisi mereka yang memprihatinkan. 
Dalam pemberdayaan masyarakat, dituntut pula partisipasi masyarakat dalam keseluruhan proses pembangunan mulai perencanaan sampai implementasi di lingkungan mereka tinggal. Keterlibatan masyarakat baik secara fisik, material, maupun finansial diharapkan akan meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa memiliki proses dan hasil pembangunan yang dilakukan pada masyarakat tersebut.
Kebersihan lingkungan sekitar khususnya di lingkungan kelurahan Layang Kecamatan Bontoala memerlukan kepedulian dari masyarakat sekitar, kepedulian terbentuk dari rasa memiliki dan saling peduli terhadap lingkungan dan orang sekitar, oleh karena itu pemerintah Kelurahan Layang dalam hal ini Lurah Layang memberikan Pemahaman kepada masyarakat sekitar, baik itu anak anak, pemuda dan orang tua bahwa senantiasa selalu menjaga kebersihan lingkungan, sering kali terdengar slogan slogan tentang peduli lingkungan bersih, makassarta tidak rantasa, lisa9Lihat sampah ambil yang selalu di ucapkan dan disosialisasikan kepada masyarakat banyak, namun kesemuanya itu tidak akan tersentuh kepada masyarakat apabila kurangnya rasa kepekaan dan kepeduliann bersama untuk mewujudkan Kelurahan layang yang bersih.
Pemberdayaan dimaksudkan untuk membangun mainset kepada masyarakat dan menumbuh kembangkan hal yang baik dan berdampak baik yakni menjaga kebersihan lingkungan Sebagai mahluk sosial setiap orang harus menjaga lingkungan dan berupaya memperbaiki kerusakan lingkungan yang diakibatkan pencemaran lingkungan dengan kebiasaan membuang sampah sembarangan tempat,  yang sudah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat, permasalahan kebersihan lingkungan yang saait ini terjadi tidak akan semakin besar, apabila terbangun mainset dan pola pikir masyarakat untuk peduli lingkungan, peduli terhadap lingkungan ini bisa dilakukan dengan memulai dari diri sendiri.
B.     BENTUK KEGIATAN
1.      Melakukan pertemuan/musyawarah di Aula Kantor Kelurahan Layang
2.      Melibatkan LPM, organisasi Kepemudaan Karang Taruna, Organisasi kemasyarakatan Punggawa, Ketua RT dan Ketua RW serta tokoh masyarakat dalam mensosialisasikan pentingnya memberdayakan masyarakat tentang kebersihan lingkungan di Kelurahan Layang.
3.      Arahan Lurah Layang
4.      Pembahasan tentang isu – isu dan upaya dalam menciptakan lingkungan yang bersih khususnya di Lingkungan Kelurahan Layang
5.      Pembahasan strategi dalam menciptakan lingkungan yang bersih
6.      Masukan dan saran oleh warga masyarakat

C.     MAKSUD DAN TUJUAN
a.       Maksud
Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih dengan keterlibatan bersama didalamnya, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kepedulian bersama dalam menciptakan hidup bersih, dengan lingkungan yang bersih melahirkan generasi generasi yang sehat, lingkungan bebas penyakit dan masa depan yang berprestasi.
b.      Tujuan
Untuk menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik antara pemerintah Kelurahan, RT dan RW, serta tokoh masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan di Kelurahan Layang.





D.    WAKTU DAN TEMPAT
a.       Waktu              : Hari Rabu, 22 Februari 2017
b.      Tempat            : Aula Kantor Kelurahan Layang Kecamatan Bontoala
c.      
Lingkungan Kelurahan Layang Kecamatan Bontoala
 
Acara               : Pertemuan pemberdayaan masyarakat tentang Kebersihan       


E.     PENUTUP
Lingkungan merupakan salah satu tempat atau wahana untuk digunakan sebagai proses interaksi antara masyarakat satu dengan yang lainnya, terjalinnya keharmonisan dalam kebersamaan, oleh karena itu lingkungan yang bersih menghasilkan interaksi masyarakat dan kehidupan masyarakat yang positif dalam berbagai hal, kegiatan kegiatan yang positif dapat pula terlaksana dalam lingkungan yang bersih, lain halnya dengan lingkungan masyarakat yang tidak bersih, lingkungan masyarakat yang masyarakatnya tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan akan melahirkan interaksi dan aktivitas yang kurang nyaman dan menimbulkan benih benih penyakit di lingkungannya karena Kesehatan Masyarakat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan Kebersihan merupakan komponen terpenting bagi manusia yang harus dijaga dengan baik. Dengan demikian akan tercipta suatu keselarasan. Kebersihan merupakan sebagian dari iman seseorang. Oleh karena itu marilah kita menjaga kebersihan dengan baik. Lingkungan yang bersih menjauhkan diri kita dari berbagai macampenyakit, dengan demikian kita akan menjadi manusia yang sehat, dan di dalam diri manusia yang sehat terdapat akal yang sehat.
Dalam hal Pemberdayaan masyarakat haruslah digali dari dalam lingkungan masyarakat dalam bentuk kelompok ataupun komunitas dimaksudkan untuk mencari potensi yang akan dikembangkan atau dari masalah-masalah yang ada untuk bisa dicarikan solusi penyelesaiannya. Pemberdayaan masyarakat harus didukung oleh anggota masyarakat atau kelompok itu sendiri yang dibuktikan dengan partisipasi anggota masyarakat secara aktif untuk mengembangkan Lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar